Rabu, 23 Mei 2012

Renungan

Alhamdulillahirobbi'alamiin..sholawat serta salam pada Rosulullah SAW keluarga dan para Sahabat dan orang-orang yang mengikuti hingga hari akhir.

وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا إِلَّا بِالْحَقِّ
“Dan tidaklah Kami ciptakan langit dan bumi serta apa yang berada di antara keduanya kecuali dengan Haq[3] 
 (QS : Al Hijr [39] :85).

ALLAH SWT yang Maha Mencipta telah menciptakan ruang waktu untuk kehidupan manusia yang begitu sempurna menciptakan tujuh lapis langit beserta isinya menciptakan bumi yang tujuh lapis pula beserta isinya dengan sempurna tanpa celah kekurangan sedikit pun terhadap apa yang telah di ciptakannya. ALLAH SWT menciptakan air, tanah udara langit, cahaya tanpa bahan baku. ALLAH SWT menciptakan segala suasana dan keadaan sedih, senang, panas, dingin, sepi, ramai, sehat, sakit, berani, takut, dan lain lain dengan kehendak-NYA pula.

begitu juga manusia diciptakan sempurna berbeda dengan mahluk lainya yang ALLAH SWT ciptakan.
dan manusia di ciptakan mempunyai maksud dan tujuaannya semua itu pula atas kehendak-NYA.
manusia juga harus pula mengikuti apa kehendak ALLAH sebagai hamba.


اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَمَوَاتٍ وَمِنَ الْأَرْضِ مِثْلَهُنَّ يَتَنَزَّلُ الْأَمْرُ بَيْنَهُنَّ لِتَعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ وَأَنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ عِلْمًا
 
“Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu”.
(QS : Ath Tholaaq [65] :12).

                           
jika kita menghitung waktu kita hidup di dunia ini hanya sedikit saja kesempatan beramal sholeh yaitu sekitar +/- 5 atau 10 thn saja jika di hitung umur kita tidak jauh dengan umur Nabi SAW 63 tahun atau sekitar  60 s/d 70 tahun,
contoh:     =24jam : 3  =8jam terpakai untuk tidur, 8bekerja, 8jam dll.    60thn : 8jam =?
1thn = 12 bulan
1bln = 30hari
1hri  = 24jam                                                  
8 x 3 =24jamx30hr =720jam(1bln)x12bln=8640jam(1th)x60thn=518400jam : 3waktu=172800jam : 8640jam= +/- 20thn
172800jam atau 20 tahun masa kita untuk tidur dan juga di tambah 20th waktu bekerja, jika kita berkerja 8jam/hari dan sisa 20 th di kurangi masa balig 15 tahun atau 10 thn jika sisa waktu kita adalah 5thn atau 10 tahun ini hanya terpakai untuk hal sia-sia? atau untuk ibadah kepada ALLAH SWT.?
belum lagi di kurangi masa kita dalam perjalanan pergi pulang bekerja, dgn keluarga, nonton tv, baca koran dan lain-lain. ini hanya hitungan spekulasi saja dalam kehidupan kita selama 24 jam sehari. karena hanya ALLAH yang Maha mengetahui tentang batas umur kita berapa lama kita hidup di dunia ini.
jadi bagaimana dalam kehidupan kita selama 24jam ini bermamfaat untuk diri sendiri dan orang yang ada di sekitar kita yaitu keluarga, tetangga, kerabat sahabat dan lainnya.
 ALLAH SWT telah mengutus satu manusia yang menjadi suritauladan dalam diriNya yang membawa rahamat bagi seluruh alam yaitu Rosulullah SAW. Beliau SAW telah mencontohkan dalam diri atau kehidupan Beliau SAW kepada para Sahabat - Sahabat Rha. bagaimana dalam kehidupan Nabi SAW dalam 24 jam sehari dari mulai bangun tidur hingga tidur kembali itu di nilai sebagai ibadah kepada ALLAH SWT bahkan dalam tidur pun sebagai ibadah dan ini juga adalah perintah ALLAH bahwa manusia di ciptakan hanya untuk beribadah kepada-NYA.


وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
“Dan tidaklah Aku ciptakan seluruh jin dan seluruh[1] manusia melainkan untuk beribadah kepadaKu[2]“.
(QS : Adz Dzariyat [51] :56).

sekarang kita lihat diri kita apakah kita sudah menjalankan kehidupan kita sebagaimana maunya ALLAH SWT. mencontoh kehidupan Nabi SAW.? apakah diri kita dari bangun tidur hingga tidur kembali mengusahakan semaksimal untuk selalu dalam ibadah kepada ALLAH SWT?
jika kita melihat diri ini sungguh banyak kekurangannya bahkan kita melupakan dan menganggap sepele, walau suatu amal itu hanya berpahala sunnah.contohnya senyum dan memberi salam. padahal dua amalan sunnah ini adalah pembuka rahmat bagi diri kita sendiri mau pun untuk orang lain. bagaimana juga dengan yang wajib yang di perintahkan ALLAH SWT. terutama Sholat? perintah Sholat yang di terima langsung oleh Nabi SAW.

sholat, dalam 5 waktu sholat yang kita kerjakan minimal 5 menit 1 waktu sholat itu juga di tunda2 dengan malas-malasan. apa bila perhitungan waktu kita hidup 24 jam dalam sehari. hanya 25menit untuk melaksanakan sholat itu juga tidak maksimal bagaimana dengan orang yang sering meninggalkan sholat. padahal amal yang akan ditanya pertanggungjawabnya adalah sholat. apabila kita dengan ringannya sering meninggalkan sholat perintah yang di wajibkan kepada setiap manusia yang beriman kepada ALLAH dan ROSUL-NYA dan hari akhir, bagaimana nasibnya pada amalan wajib yang lain dan amalan sunnah tentunya akan ringan pula untuk meniggalkannya.
itulah yang terjadi pada diri kita saat ini, mengapa? karena diri kita lemah akan iman, lemah pada keyakinan kita pada ALLAH SWT, di dalam hati kita tidak adanya keyakinan yang benar kepada ALLAH dan kepada ROSULULLAH SAW. sehingga hati dan diri ini tidak ada kekuatan untuk melaksanakan perintah-perintah ALLAH sesuai apa yang dicontohkan oleh Kekasih-NYA ROSULULLAH SAW.
Bagaimana dengan para Sahabat- Sahabat Nabi SAW yang telah membuktikan dengan menguasai sepertiga dunia tunduk pada islam?karena dalam diri diri mereka mempunyai keyakinan yang benar Pada ALLAH SWT dan ROSULULLAH SAW. bahwa untuk mendapatkan kebahagian dunia yang sementara dan kesuksesan kehidupan akherat yang abadi yaitu dengan meyakini bahwa tidak ada yang patut di sembah kecuali ALLAH dan mengakui MUHAMMAD adalah Utusan-NYA dengan cara mendakwakannya dengan hikmah dan kasih sayang kepada setiap manusia di barengi dengan melaksakan perintah-NYA ikut contoh Nabi SAW. hingga akhir hayat hidup di dunia itulah yang di lakukan para sahabat-sahabat Nabi SAW dan juga orang-orang yang mengikuti sesudahnya.
Tidak ada cara lain lagi untuk menjadikan umat manusia ini mendapat kebahagian dunia maupun akherat yaitu dengan mengikuti jejak Mereka yang telah sukses.


Wassalam............


Tidak ada komentar:

Posting Komentar